Rabu, 12 April 2017

makanan khas lombok yg bikin lidah menyerah (pedes gilaa)



Hai, apa kabar semua, gemana kabarnya ?
Mau weekend kemana minggu ini ? ada yang mau kelombok ?
Kalau kalian ada yang weekend kelombok, ada banyak spot wisata menarik. Eh jangan salah wisata kulinernya juga ga kalah aduhai. Ada banyak makanan yang bisa kalian icip icip berhadiah, hehehe..
Nah kali ini saya mau kasih tau buat kalian makanan khas LOMBOK yang pedes pedes asoy yang bisa bikin lupa sama mantau yang judes, hehehe.
Nah ini dia beberapa rekomdasi.

PELECING
Mungkin dirumah Anda sering masak kangkung seperti di tumis. Untuk di lombok, ada namanya Plecing Kangkung yang merupakan masakan khas lombok. Lalu apa yang membedakan dengan masakan kangkung lainya. Yang membedakan ialah kangkungnya itu sendiri, kangkung di Lombok berbeda dengan kangkung yang ada didaerah lainya. Didalam kangkung khas lombok, biasanya ada sayuran tambahan seperti touge dan kacang goreng yang berguna untuk mengurangi rasa pedas. Untuk masakan ini, hampir semua rumah makan menyediakan masakan khas ini Lombok ini. Salah satu yang populer yang menyediakan masakan Plecing Kangkung yaitu Rumah Makan Dua-EM yang ada di jalan Transmigrasi 99 Mataram, bagi Anda yang ingin mencicipi silahkan datang ke rumah makan tersebut atau kerumah makan sekitar Anda ketika berada di Lombok. Nah yang paling penting gays sambelnya itu sambel mata(mentah) yang tentu ciri khasnya beda dengan tempat tempat lain.


BEBERUK(BEBEROK)
Namanya memang unik, lalu apakah Anda sudah tahu Beberuk itu?. Beberuk ialah merupakan lalapan yang menjadi pendamping Ayam Taliwang. Nah, jika Anda makan Ayam Taliwang tidak ada Beberuk, maka tidak afdol kata orang-orang Lombok. Beberuk merupakan makanan yang mudah di olah, dan pasti Anda bisa membuat sendiri. Bahan dasar dari Beberuk yaitu terong ungu bulat(sesaui selera bisa juga kacang panjang) yang di potong seperti dadu dan tomat. Bumbu halus yang harus disiapkan yaitu cabe merah keriting, cabe rawit, bawang merang, bawang putih, kencur, terasi bakar, gula pasir, garam dan minyak goreng. Kemudian siram bumbu diatas yang sudah dicampur di atas terong plus perasan jeluk limau tepat diatasnya. Rasanya manis, pedas, asam dan segar, pasti Anda ingin sekali mecicipi makanan ini. Jika iya silahkan anda datang ke Lombok. Heemmmm buat ngiler deh hehehe


Nasi balap PUYUNG
Nasi  puyung merupakan salah satu makanan khas lombok yang memiliki cita rasa pedas, hal ini lah yang membuat istimewa makanan Lombok ini. Apabila jika Anda ingin mencoba, maka Anda akan merasakan ketagihan untuk mencoba lagi walau makan ini memiliki tampilan yang kurang bagus. Hal ini tidak masalah bagi kebanyakan orang, apalagi orang yang memiliki hobi terhadap rasa padas, pasti akan membeli makanan ini ketika datang ke lombok. Adapun bahan-bahan yang dipakai pada makanan ini ialah nasi yang berisi suwiran daging ayam yang di olah bercampur dengan cabai, kemudian kedelai kacang, taburan udang yang sudah kering, abon serta belut goreng. Untuk membeli makanan ini, Anda bisa membeli di sekitar Lombok, akan tetapi banyak informasi yang menyatakan bahwa nasi balap  puyung yang paling enak adalah buatan dari cap Inaq Esun yang berada Lombok Tengah tepatnya di desa Puyung. Apabila Anda tidak bisa ke desa tersebut, Anda tidak perlu khawatir karena ada dua cabang lagi yang bisa Anda kunjungi yaitu berada di bilangan Plaza Senggigi, Lombok Barat serta jalan Sriwijaya Matara. Jika Anda sudah menemukan makanan ini segara rasakan sensasinya. Kalo kalian pengen rasa nasi puyung yang asli (cie elah emang ada yg imitasi hehe) maksutnya yang asli buatan orang puyung, kalian bisa langsung datang kedesa puyung kabupaten Lombok tengah( cari di maps aja bray hehe) disana banyak warung makan nasi puyung. Semoga laper ya guys hehehe..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar