Rabu, 19 April 2017

main main disumbawa (kalo berani)



Bosen maen gadget ? bosen maen laptop ? masa maen sendirian dimana serunya ??
Ini nih bro sist, permainan klasik yang bikin asyik dari desa kecil kami Sumbawa..

1.       MAIN JARAN
Dikenal juga dengan istilah pacuan kuda. Kalau di daerah lain yang menjadi joki biasanya remaja atau orang dewasa, maka di Sumbawa jokinya adalah anak-anak. Main jaran biasanya diadakan setelah selesai panen atau pada acara-acara tertentu pada hari-hari besar nasional dan lain-lain. Pesertanya berdatangan dari seluruh kecamatan bahkan dalam perkembangannya ada juga undangan dari daerah lain. Kepada pemenang diberikan hadiah yang besar dan menarik. Fungsi sosial ekonomi sangat menonjol mengingat bahwa main jaran adalah hasil kerja orang banyak dan menjadi ajang silahturahmi bagi masyarakat. Dari segi ekonomi nilai jual kuda pemenang akan menambah tebal pundi-pundi bagi pemilik.
2.       BARAPAN KEBO
 
Barapan kebo umumnya dimainkan oleh remaja dan orang dewasa. Dilaksanakan sebelum membajak sawah, menggunakan sepasang kerbau jantan yang dipacu sedemikian rupa sehingga tepat sasaran yaitu saka. Saka ada tiang yang tertancap di finish atau akhir lintasan berada tepat ditengah-tengah, barang siapa yang tepat mengenai ditengah, maka pasangan kerbau itulah yang berhak mendapat hadiah. Aturan permainan sudah ada sejak dahulu, hanya saja telah dimodifikasi sesuai perubahan zaman dan sesuai kesepakatan. Seperti juga pada main jaran, pesertanya sangat banyak berasal hampir dari seluruh kecamatan yang ada. Kerbau barapan diberi hiasan khusus di kepala. hadiah-hadiah besar dan menarik menanti para pemenang. Main lumpur menyenangkan bagi orang-orang yg tinggal di perkotaan yang padat penduduk.
3.       KARACI
 
Karaci berarti memukul secara terus-menerus menggunakan alat pemukul. Dimainkan oleh laki-laki. Diadakan untuk memeriahkan perayaan hari-hari besar, ata hari hari istimewa. Dilaksanakan di lapangan terbuka dengan arena berbentuk lingkaran. mirip dengan prisean di Lombok. fungsi sosial ekomoninya cukup tinggi karena ada bentuk kerjasama antar kelompok masyarakat dan arena tempat diadakan biasanya dipenuhi pedagang kecil. Permainan ini termasuk extreme games karena dapat melukai tubuh. Tetapi dalam permainan ini, telah disiapkan “sandro” atau tabib tradisional dari Sumbawa, dengan jampe-jampe yang dapat mengurangi sakit pada luka bilar(lebam) dengan mengucap lalu disembur buurrr hehehe.
4.       BAREMPUK
 
Barempuk juga termasuk extreme games. Barempuk artinya saling mamukul menggunakan tangka dibulir padi yang telah dipotong di sawah. Dilakukan oleh dua orang lelaki kekar dengan kekuatan berimbang. Dilakukan di tengah sawah saat petani masih panen. Suasana gembira tetap mewarnai permainan walaupun kekuatannya saling memukul. Dilaksanakan sebagai selingan dalam kegiatan Mata Rame (basa rame/ memeriahkan) dll. Fungsi sosial ekonominya sama dengan karaci.




mantab gaesssss..
foto diambil dari blog ttangga heheh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar